Selasa, 25 Oktober 2011

TUGAS SISTEM PENGENDALIAN KUALITAS

DISUSUN OLEH :

NAMA NIM

Edigar Tonico Dos Anjos 5445

FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI

UNIVERSITAS ATMA JAYA

YOGYAKARTA

2010

XL Hadirkan Paket Roaming Data di Arab Saudi

Selasa, 24 Agustus

VIVAnews - Meski kontribusinya tak terlalu besar, bisnis roaming Internasional wajib dipunyai oleh operator selular untuk dapat berkembang. PT XL Axiata Tbk (XL) misalnya. Kontribusi bisnis roaming internasionalnya hanya sekitar empat persen, termasuk layanan data dan suara.

Namun, meski persentasenya kecil, perseroan cenderung mempertahankan bisnis tersebut. Hal itu ditandai dengan penawaran paket roaming Internasional terbarunya, yaitu Unlimited Data Roaming di Arab Saudi.

Paket baru tersebut dibanderol dengan tarif flat Rp75.000 per hari, baik bagi pelanggan prabayar maupun pascabayar. Tarif ini juga berlaku untuk paket data smartphone seperti BlackBerry Internet Service (BIS) dan sejenisnya. Layanan ini berlaku mulai 10 Agustus hingga 31 Desember 2010. Setelah itu, tarif akan dievaluasi kembali sesuai serapan pasar.

"Meski porsinya kecil, permintaan atas layanan roaming internasional pelanggan XL terus meningkat," kata Vice President Enterprise & Carrier XL, Titus Dondi, dalam keterangannya, Jakarta, Senin 23 Agustus 2010.

"Tidak cukup jika hanya layanan suara, tetapi bagaimana agar pelanggan bisa secara mudah mendapatkan layanan-layanan selular lainnya, seperti Internet, semudah di dalam negeri," terang dia.

Sementara itu, Head of Corporate Communication Febriati Nadira mengatakan XL menyasar segmen A atau eksekutif untuk paket Unlimited Data Roaming terbaru di Arab Saudi. "Biasanya keluarga eksekutif. Biasanya mereka melakukan umroh di sela Lebaran," jelas wanita yang akrab disapa Ira.

Dia mengatakan, terdapat 300 sampai 500 nomor pelanggan yang melakukan roaming ke Arab Saudi tiap bulannya. Jika menjelang Lebaran dan Lebaran Haji (Idul Adha), angkanya bisa tumbuh dua kali lipat lebih.

Selain untuk mengantisipasi tingginya permintaan saat menjelang hari raya umat Muslim di atas, Titus mengatakan, paket roaming internasional ini diluncurkan untuk mengantisipasi isu bill shock.

Istilah bill shock populer di industri telekomunikasi sebagai istilah yang merepresentasikan reaksi syok oleh pelanggan yang tagihan telepon selularnya tiba-tiba meledak karena sesuatu hal yang umumnya disebabkan roaming internasional.

"Bill shock sudah menjadi isu global, tidak hanya terjadi di Indonesia. Paket yang kami tawarkan ini juga untuk mengantisipasi isu tersebut. Terutama bagi pengguna XL BlackBerry," terang Titus.

Saat ini, layanan International Roaming dari XL bisa dinikmati di 140 negara. Untuk layanan suara, perusahaan menjalin kerja sama dengan 383 operator di luar negeri. Sedangkan untuk data, XL bekerjasama dengan 153 operator di luar negeri.

Yahoo news Indonesia

By Muhammad Chandrataruna

(file:///E:/ttc-xl-hadirkan-paket-roaming-data-di-ar-078ed6a.html)

Ulasan

Roaming international yg ditawarkan oleh XL memberikan kemudahan bagi para pengguna XL yang hendak berpergian keluarga negeri, menunaikan ibadah haji ke Arab Saudi pada khusunya untuk menghidari terjadinya bill shock itu sendiri,dan ini tentu saja bermanfaat bagi para penggunnya dan keuntungan untuk provider tersebut agar menjaga kepercayaan di antara kedua belah pihak. Roaming International di arab Saudi ini yang saya ketahui baru di terbitkan untuk program terbaru tahun ini,

Program ini diharapkan selain dapat meningkatkan kualitas fitur XL di arab juga menjaring pelanggan lebih banyak, dengan tarif Rp 75.000,- pelanggan dapat menikmati fitur ini ditambah dengan aktifasi paket data blackberry internet servis (BIS). Namun program ini hanya berlaku dari 10 Agustus 2010 sampai 31 Desember 2010 yang berarti tariff ini adalah masa promosi. Tidak dapat dipungkiri mungkin saja kedepannya tariff akan naik dan mungkin lebih mahal dari roaming operator lain..

Target dari program ini adalah segmen A atau konsumen eksekutif. Ini karena fitur XL ini lebih terfokus pada unlimited internet servis yg notabenenya sering dipakai oleh konsumen segmen A daripada fitur lain seperti voice service ataupun text message.

Tidak ada komentar: